Mantra Pasupati
Om Sanghyang Pasupati Ang-Ung Mang ya namah svaha Om Brahma astra pasupati, Visnu astra pasupati, Siva astra pasupati, Om ya namah svaha Om Sanghyang Surya Chandra tumurun maring Sanghyang Aji Sarasvati tumurun maring Sanghyang Gana, angawe pasupati maha pasdhipati, angaweid , angawe pasupati maha suci, angawe pangurip maha sakti, angawe pangurip maha siddhi, angawe pangurip maha suci, angurip sahananing raja karya teka urip (3x) Om Sanghyang Akasa Pertivi pasupati, angurip “………………………….. ” Om eka vastu avighnam svaha Om Sang-Bang-Tang-Ang-Ing-Nang-Mang-Sing-Wang-Yang-Ang-Ung-Mang Om Brahma pasupati
Om Visnu Pasupati Om Siva sampurna ya namah svaha
Kemudian masukkan bunga ke dalam air yang telah disiapkan
Dengan demikian maka air sudah menjadi Tirtha Papas, dan siap digunakan untuk memasupati diri sendiri dan benda-benda lainnya.
Catatan:
Titik-titik pada mantra di atas adalah sesuatu yang mau dipasupati)-dalam hal ini adalah air untuk tirtha pasupati. Dalam hal tertentu dapat mempasupati yang lainnya..tergantung kebutuhan (tapi tetap saya sarankan hanya untuk Dharma, karena jika akan dipakai untuk hal-hal negatif maka mantra tersebut tidak akan berguna bahkan akan mencederai yang mengucapkannya)!!
Mantra di atas bersumber dari lontar Sulayang Gni Pura Luhur Lempuyang, koleksi pribadi.
Mantra berikut juga bias digunakan yang di Kontribusi dari Jro Mangku Wayan Natia, Pinandita Loka Palaya Seraya di Kecamatan Banjit, Way Kanan-Lampung.
Om ang ung pasupati badjra yuda agni raksa rupaya purwa muka desa tanaya pasupatnya ong pat Om ang ung pasupati pasa yuda agni raksa rupaya pascine muka desa tanaya pasupatnya ong pat Om ang ung pasupati cakra yuda agni raksa rupaya utara muka desa tanaya pat Oma ang ong ung pasupati padma yuda agni raksa rupaya madya muka desa tanaya pasupatnya ong pat Om ang ung pasupati para mantra pasupatnya ong pat Om ang brahma urip Om ung wisnu urip Om mang iswara urip Urip (3x) Tang rerajahan Om dewa urip, manusia urip, sing teka pada urip Om kedep sidhi mandi mantra sakti
Ong ang ung, teka ater (3x) ang ah, teka mandi (3x) ang. (jeda sewaktu-waktu) Ong betare indra turun saking suargan, angater puja mantranku, mantranku sakti, sing pasanganku teka pangan, rumasuk ring jadma menusa, jeneng betara pasupati. Ong ater pujanku, kedep sidi mandi mantranku, pome. (jeda sewaktu-waktu) Om bayu sabda idep, urip bayu, urip sabda, urip sarana, uriping urip, ya nama swaha. Om aku sakti, urip hyang tunggal, lamun urip sang hyang tunggal, urip sang hyang wisesa, teka urip 3x
Atau
MENYUCIKAN BAHAN
ong sameton tasira matemahan ongkara Malecat ring angkasa tumiba ring pertiwi Matemahan sarwe maletik Mabayu, masabda, maidep Bayunta pinake sabdan I ngulun Pejah kita ring brahma Urip kita ring wisnu Begawan ciwakrama mengawas-ngawasi sarwa waletik
MANTRA NGERAJAH
ong saraswati sudha sudha ya namah swaha
PENGURIP RERAJAHAN
ong ang ung mang Ang betara brahma pangurip bayu Ung betara wisnu pangurip sabda Mang betara iswara pangurip idep Ong sanghyang wisesa pengurip saluiring rerajahan Teke urip (3x) ang ung mang ong
PENGURIP SERANA
ong urip bayu sabda idep Bayu teke bayu urip Sabda teke sabda urip Idep teke idep urip Uriping urip teke urip (3x)
Hasilnya dari proses pasupati tidak akan sama antara orang yang 1 (satu) dengan yang lainnya tergantung tingkat kesucian masing – masing orang, memang semua orang bisa melakukan pasupati, asal tahu tatacara dan langkah – langkahnya. istilah balinya “eed upacara” tapi tetap hasilnya tidak akan sama dengan kekuatan yang terpancarkan, bahkan bias – bisa kekuatan tersebut bahkan akan berefek buruk pada yang menggunakan barang – barang hasil pasupati jika salah dalam melakukan upacara tersebut.
Kewaskitaan sangat diperlukan karena proses tersebut harus disaksikan sendiri apakah sudah benar atau hanya pikiran semata