1b. Iti tutur Gong Wsi. Iti tutur Gong Bsi, nga, wit Dalem Kawi, nga, kawruhakna denta dadi jatma ika wnang upti astiti praline, astiti baktine lewih, ng, tan lyan Bhatara Dalem, mu raga lewih, nyan astiti bakti, nanghing apang kawruhakna denta arane Bhatara Dalem, ida, nga, Sanghyang Tri Yodadasa Sakti, nga, sah saking Puseh, malinggih ida ring desa, Sanghyang Tri Upasdhana, nga, sah saking desa malinggih ida ring Bale Agung, Ida Sanghyang Bhagawati, nga, sah saking Bale Agung, malinggih ida ring Pempatan Agung, Ida Sanghyang Catur Bwana, nga, sah saking Pempatan Agung……
2a. malinggih ida ring Patluwan, dadi ida Sanghyang Sapuh Jagat, nga, sah saking Patluwan, malinggih ida ring setra, dadi Ida Bhatara Durgha, nga, sah ida saking Setra Agung, malinggih ida ring Pamuunan, dadi ida Sanghyang Bherawi, nga, sah ida saking Pamuunan, malinggih ida ring Panguluning Setra, dadi Ida Sanghyang Mrajapati, nga, sah ida saking Panguluning Setra, malinggih ida ring Sagara, dadi Ida Sanghyang Mutering Bwana, nga, sah ida saking Sagara, malinggih ida ring Akasa, dadi Ida Sanghyang Taskarapati, Taskara, nga, Suryapati, nga, u, sah ida saking langit, malinggih ida ring……
2b. Gunung Agung, dadi Ida Sanghyang Giriputri, nga, Ganaputra, nga, putra yatha putran Bhatara Guru, hana Sanggar Penataran, Panti, Paryasan kabeh, sakti ring paryangan, nga, sah ida saking Gunung Agung, malinggih ida ring jurang pangkung, lwah, dadi ida Bhatari Gangga, nga, sah ida saking pangkung tukad, malinggih ida ring gaga sawah, dadi Ida Bhatari ring Uma, nga, sah ida saking carik, malinggih ida ring jineng, dadi Ida Bhatari Sri, nga, sah saking jineng kalumpu, malinggih ring pantaraning pulu, dadi Ida Sanghyang Tri Suci, nga, sah saking Pulu, malinggih ida ring dapur, dadi Ida Sanghyang Pawitra, Saraswati………
3a. nga, sah saking dapur, malinggih ida ring pawon ring kumba payuk, dadi Ida Sanghyang Tri Mertha, yeh, nasi, be, nga, sah ida saking payuk, malinggih ida ring Sanggar Kamimitan, ngaran aku Catur Bhoga, Aku maraga lanang, maraga wadon, maraga daki, dadi Aku manusa sawiji, ngaran Aku Sanghyang Tuduh, Sanghyang Tunggal, ring Sanggar Paryangan linggih nira, ngaran Ida Sanghyang Atma, rng kamulan tengen bapanta, nga, Sang Pratma ring Kamulan kiwa, ibunta, nga, Sang Siwatma ring Kamulan madya raganya, Susudatma dadi meme bapa, ragane mantuk ring Dalem, dadi Sanghyang Tunggal, nunggalang rasa, sa, nga, sakit, sa, nga, seger, …………
3b. sa, nga, sariranta, ya ta Pramawisesa, saking Dalem Kawi, seger, saking Dalem, gring saking Dalem urip saking Dalem pati saking Dalem sunya umantuk ring bayu sabda idep ring raganta, ala sabdan ta, idep bayu saking Dalem, yan ring apah teja bayu akasa, tan hana lewihan ring Dalem, apan Sanghyang Pamutring Jagat, nga, irika sangkanya mtu bedha ring Dalem, sangkan irika astiti upti praline, nga, Dalem, tlas katatwaning Dalem Kawi, pingitakna iki, arang sang pandita wruh ring katuturanya Gong Bsi, nora putus sang pandita, tapwan wruh ring katuturan Gong Bsi, nga, hana wang……
4a. akti, roro nora wruh, alaksa sinunggal nora wruh, ring katuturan Gong Bsi, nga, iki rasanya uttama lewih pingit kawiting tutur, nga
Terjemahan TUTUR GONG BESI
Ini tutur gong besi. Ini tutur gong besi namanya, asal-usul Dalem Kawi. Ketahuilah hal itu olehmu sebagai manusia. Beliau dapat dihadirkan, distanakan dan dikembalikan. Persembahan bakti yang utama, tidak lain kehadapan Bhatara Dalem, melahirkan badan mulia. Beliaulah yang seharusnya dipuja, namun harus engkau ketahui nama (lain) Bhatara Dalem. (Ketika Beliau berstana di Puseh) Sanghyang Triyodadasa Sakti nama Beliau. Pergi beliau dari Puseh, berstana Beliau di Desa, Sanghyang Tri Upasedhana nama Beliau. Pergi Beliau dari Desa, berstana Beliau di Bale Agung, Sanghyang Bhagawati nama Beliau. Pergi dari Bale Agung, berstana Beliau di Perampatan Jalan raya. Sanghyang Catur Bhuwana nama Beliau. Pergi Beliau dari Perempatan jalan raya, berstana Beliau di Pertigaan, menjadilah Beliau Sanghyang Sapuh Jagat. Pergi Beliau dari pertigaaan, berstana Beliau di kuburan, menjadilah Beliau Bhatara Durga. Pergi Beliau dari kuburan besar (setra agung), berstana Beliau di tempat pembakaran jenazah (pemuunan), menjadilah Beliau Sanghyang Bherawi. Pergi Beliau dari tempat jenazah, berstana Beliau di Panguluning Setra, menjadilah Beliau Sanghyang Mrajapati, pergi Beliau dari panguluning Setra, berstana Beliau di Laut, menjadilah Beliau Sanghyang Mutering Bhuwana. Pergi Beliau dari Laut, berada Beliau di Langit, menjadi Beliau Sanghyang Taskarapati, Taskara adalah surya (matahari), Pati adalah ulan (bulan). Pergi Beliau dari langit berada Beliau di Gunung Agung, menjadilah Beliau Sanghyang Giriputri, Giri adalah gunung, putrid adalah putra, yaitu Putra Bhatara Guru, berstana di Sanggar Penataran, panti, parhyangan semua, berkuasa pada parhyangan. Pergi Beliau dari Gunung Agung, berstana Beliau di Gunung Lebah, beliau bernama Dewi Danu. Pergi Beliau dari Gunung Lebah, berstana Beliau di Pancaka Tirtha (pancuran), beliau bernama Sanghyang Gayatri. Pergi Beliau dari pancuran berada Beliau di jurang, sungai, menjadilah beliau Bhatari Gangga. Pergi beliau dari jurang sungai, berada beliau di sawah, tegalan, menjadilah beliau Bhatari Uma. Pergi Beliau dari sawah, berstana beliau di Lumbung, menjadilah beliau Bhatari Sri. Pergi Beliau dari lumbung, berada beliau di tengahnya bejana tempat beras (pulu), menjadilah beliau Sanghyang Tri Suci. Pegi Beliau dari pulu, berstana beliau di dapur, menjadilah beliau Sanghyang Pawitra Saraswati. Pergi beliau dari dapur, berstana beliau di Periuk di dapur, menjadilah beliau Sanghyang Tri Mertha, yaitu air, nasi, ikan. Pergi Beliau dari periuk, berstana beliau di Sanggar Kamimitan, bernama Aku Catur Bhoga, AKu berwujud laki, berwujud perempuan, berwujud banci, menjadilah Aku manusia seorang, bernama Aku Sanghyang Tuduh, Sanghyang tunggal, di Sanggar parhyangan stana Beliau, bernama Beliau Sanghyang Atma, pada Kamulan kanan ayahmu, Sang Pratma (Paratma). Pada Kamulan kiri ibumu, Sang Siwatma. Pada Kamulan tengah dirinya (raganya) yaitu roch suci menjadi ibu ayah dan dirinya berpulang ke Dalem menjadi Sanghyang Tunggal, menyatukan rasa. Sa adalah sakit; sa adalah sehat; sa adalah lapar; sa adalah badanmu, itulah Pramawisesa (Parama Wisesa), yang berasal dari Dalem Kawi. Sehat berasal Dalem, sakit berasal dari Dalem, hidup berasal dari Dalem, mati berasal dari Dalem. Wujud sepi (sunya) berpulang pada nafas ucap dan pikiran (niat) pada dirimu. Tidak baik ucapmu, niatmu, nafasmu berasal dari Dalem. Dalam air cahaya udara dan ether, tidak ada yang melebihi Dalem, karena Sanghyang Pamutering jagat namanya, disitulah awal munculnya ketidak harmonisan di Dalem. Karenanya di situlah pemujaan mengada dan meniada yaitu Dalem.
Habislah ajaran tentang Dalem Kawi. Rahasiakanlah ini. Jarang pendeta mengetahui ajaran Gong Besi. Belum sempurnalah pendeta jika tidak mengetahui ajaran Gong Besi ini. Ada seratus ribu orang, dua orangpun belum ada yang tahu. Sepuluh ribu orang satupun belum ada yang tahu, akan ajaran Gong Besi, mengandung rasa yang utama mulia lagi rahasia yang merupakan sumber/dasar dari ajaran. (sumber: alih akasara dan terjemahan Tutur Gong Besi, dinas kebudayaan propinsi Bali – 2002)